SENYUM OBAT AWET MUDA ALA ISLAM

ulama  tersenyumbayi_lucu_thumb[1]

 

Siapa yang tak mau awet muda? Bagi anda yang ingin awet muda ala Islam, yuk simak tulisan berikut ini.

Ketika seseorang tersenyum, dia hanya menggunakan 17 otot wajah. dibanding dengan ketika seseorang cemberut, dia menggunakan 43 otot wajah.

Bayangkan saja dari sisi ini (penggunaan otot wajah), jelas tersenyum menjadikan kita lebih irit dalam penggunaan otot wajah dari pada cemberut.

Di samping itu, dengan tersenyum otot wajah kita akan tetap terjaga kekencangannya. dan dengan cemberut, otot wajah kita terasa ketarik. coba saja praktekkan, kita akan merasakan perbedaannya.

Selain dari sisi yang nampak. tersenyum juga memberikan efek ketenangan pada hati. menjadikan kita semangat dan selalu husnu dhan (berpikiran positif). ditambah lagi ketika kita tersenyum kepada orang lain, tanpa terasa ketika itu kita sedang berbagi kebahagiaan dengan orang tersebut.
Dalam Islam, selain tersenyum adalah salah satu perbuatan baik. tersenyum juga dianggap sedekah. berikut sabda Rasulullah -shalallahu ‘alaihi wasallam- :

تَبَسُّمُكَ فِي وَجْهِ أَخِيكَ لَكَ صَدَقَةٌ
Artinya : “Senyummu untuk saudaramu adalah (berpahala) sedekah bagimu.” (HR Tirmidzi)
Dengan melihat banyaknya manfaat tersenyum. mari kita praktekkan tersenyum kepada orang lain. tapi ingat ! bukan kepada sembarang orang, tapi kepada orang-orang yang halal bagi kita, seperti senyum suami kepada istrinya atau sebaliknya, anak kepada orang tuanya, atau laki-laki kepada sahabat laki-laki, wanita kepada sahabat wanita.
Tersenyum. selain bisa membuat kita awet muda, juga menjadi catatan amal shalih kita di akherat. mari tersenyum.

 

About Muhammad Taqiyyuddin Alawiy

- Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah NURUL HUDA Mergosono Malang - Dosen Fakultas Teknik Elektro Universitas Islam Malang
This entry was posted in Makalah Agama Islam. Bookmark the permalink.

Leave a Reply