NASIHAT SYAIKH ABDULLAH AL-HARARI

syeikh abdullah syeikh abdullah1

Rasulullah shallahu ‘alayhi wasallah bersabda:

“لا يشبع مؤمن من خير يسمعه حتى يكون منتهاه الجنة”

Maknanya: “Seorang mukmin tidaklah pernah merasa puas dari kebaikan yang ia dengarkan hingga ia mendapatkan tempatnya di surga”

Tidak sepantasnya seorang mukmin berkata: Aku telah berbuat kebaikan ini, aku sudah puas, aku sudah tahu, aku tidak butuh lagi belajar dan lain sebagainya sehingga ia tidak lagi berbuat baik, malas belajar dan merasa cukup. Tapi sebaliknya seorang mukmin sejati adalah yang selalu merasa kurang dalam kebaikan, tidak puas dengan kebaikan yang pernah dikerjakannya, sehingga ia termotifasi untuk selalu berbuat dan berbuat belajar dan belajar tanpa bosan sampai ajalnya tiba.

Kehidupan dunia ini sangatlah singkat dan kehidupan yang kekal dan abadi adalah kelak di akhirat, semakin banyak kebaikan yang dipersembahkan seseorang didunia ini maka semakin banyak pula ia mendapatkan manfaatnya kelak di akhirat. Jika kita melihat manfaat kebaikan itu kelak di akhirat, kita akan mengatakan: “Kalau saja waktu itu aku berbuat lebih banyak dari yang telah aku perbuat …”

Sebaik-baik amal untuk saat ini adalah belajar ilmu agama dengan benar, karena merebaknya faham-faham sesat di tengah-tengah masyarakat kita penyebab utamanya adalah kurangnya perhatian terhadap ilmu agama. Madrasah-madrasah tidak lagi mengajarkan agama dengan benar bahkan jam belajar agama dikurangi. Sungguh ini sangat memperihatinkan. Karena itu mulai dari saat ini, belajarlah ilmu agama dengan giat dan benar. Mulailah dari diri kamu sendiri, kemudian keluargamu, tetanggamu sahabat-sahabatmu dan seterusnya. Ingat jangan pernah merasa lemah ataupun malas dalam belajar ilmu agama. Rasulullah berdoa kepada Allah agar dijauhkan dari penyakit malas. Ini artinya malas adalah penyakit yang sangat berbahaya, karenanya kita harus menjauhinya sejauh-jauhnya.

Inilah sebaik-baik amal untuk saat ini dan sebaik-baik bekal untuk kehidupan kita kelak di akhirat

FacebookTwitterDiggDeliciousVZGoogle PlusXingLinkedInPinterestStumbleUponTumblr.



About Muhammad Taqiyyuddin Alawiy

- PENGASUH PONDOK PESANTREN SALAFIYAH SYAFI'IYAH NURUL HUDA MERGOSONO KECAMATAN KEDUNGKANDANG KOTA MALANG - Dosen Fakultas Teknik Elektro Universitas Islam Malang
This entry was posted in Makalah Agama Islam. Bookmark the permalink.

Leave a Reply